PEMERINTAH DESA TAJUR


" BERSAMA MEWUJUDKAN DESA YANG MANDIRI "



==== Sekretariat : Jalan Raya Kajen - Kandangserang Kabupaten Pekalongan Kodepos 51163 ====

Minggu, 31 Juli 2011

Rencana pengembangan Desa.

-pembuatan jalan tembus yang menghubungkan Desa Tajur dengan Desa windurojo kec.Kesesi


a. sejarah awal
jalan ini hanya jalan setapak biasa yg tak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor antara kurun waktu tahun 2000 ke bawah jalan ini walaupun hanya jalan setapak dan masih tanah biasa tanpa ada sedikitpun pengerasan menjadi jalan utama bagi +- 1000 warga dusun julangsari dan kutowangi desa windurojo jika mereka ingin bepergian baik kepasar maupun merantau ke kota jakarta walaupun sulitnya medan yg ada karena merupakan akses jalan terdekat mereka rela juga melaluinya..
Perubahan terjadi ketika jalur antar dusun dan antar desa di buat, jalur antara desa windurojo dg desa brondong selesai secara otomatis jalan setapak ke tajur berangsur2 di tinggalkan karena sulitnya akses jalan mereka rela menempuh jarak yang jauh dan memutar ke desa brondong bila mereka ingin bepergian..

b. Perkembangan Waktu sekarang.

Seiring bertambahnya penduduk dan untuk memudahkan akses untuk mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat desa tajur terutama menyangkut pada hasil2 pertanian dan perkebunan pada blok 1, 2 dan 8 desa tajur dituntut untuk membuat jalan tembus ini menjadi jalan yg bisa di lalui oleh kendaraan bermotor..
Disamping itu jalur antar desa juga bisa terbentuk sehingga interaksi dan kerjasama bisa berjalan lancar karena selama ini terkendala oleh masalah akses jalan..
Untuk desa tajur masyarakat memang sudah mendukung terbentuknya jalan antar desa sementara ini pembuatan badan jalan secara swadaya masyarakat sudah mencapai apa yang di harapkan yaitu melewati tanah2 warga kekuranganya berada di hutan negara memang tdk ada masalah karena badan jalan lama jauh lebih cukup lebarnya..
Di desa windurojo juga mereka sudah tak tertinggal mereka lebih dulu membuat badan jalan sampai kali tawing tinggal 250 meter lagi sampai pada perbatasan tajur, kemudian ada sedikit informasi pihak desa telah memprioritaskan pembangunannya pada program PNPM MD sehingga secara administrasi mereka telah siap.

c. Manfaat-manfaat dari di buatnya jalan

1. Akses ke lahan kebun dan sawah di blok 1,2 dan 8 desa tajur jadi semakin mudah.
2. Meningkatkan produktifitas dari hasil2 pertanian dan perkebunan
3. meningkatkan nilai jual lahan2 di sepanjang jalan tersebut
4. Bidang olah raga terutama sepak bola akan lebih aktif karena ada sarana lapangan
5. jalur transportasi antar desa menjadi lancar
6. Interaksi diantara 2 desa bisa berjalan kembali sehingga bisa meningkatkan ekonomi bg keduanya
7. Menjadi jalur alternatif antar desa yg berbeda kecamatan.

=>setelah di kaji lebih dalam dg adanya jalan ini suatu saat akan terjadi pemekaran pemukiman kearah barat ,sarana2 yg ada mulai dari air bersih lahan maupun akses sinyal komunikasi memang tak diragukan lagi.

=> jika memang sudah terbentuk dan tembus desa windurojo secara otomatis dusun tajur dan semeda menjadi lalu lintas bagi kurang lebih 2000 warga dusun julangsari dan kutowangi ,sementara jumlah warga desa tajur hanya 1800an.

~
keadaan jalan masih setapak dan masih belum pernah tersentuh pembangunan apapun.