PEMERINTAH DESA TAJUR


" BERSAMA MEWUJUDKAN DESA YANG MANDIRI "



==== Sekretariat : Jalan Raya Kajen - Kandangserang Kabupaten Pekalongan Kodepos 51163 ====

Selasa, 29 November 2011

Masterplan Desa Tajur (6)

2.10 RENCANA PENGEMBANGAN WISATA

Pengembangan sistem pariwisata untuk mendukung pengembangan kawasan desa wisata didasarkan pada potensi wisata yang dapat dikembangkan yang berada disekitar kawasan desa wisata. Aspek-aspek wisata yang dapat dikembangkan mencakup aspek Wisata Alam, Wisata Budaya, dan Ekologi.

Zona Wisata° Alam.

Pengembangan wisata alam didasarkan pada potensi alam yang dimemiliki dan dianggap mempunyai prospek untuk diupayakan pengembangan. Potensi Wisata alam yang ada di dusun combong.

Zona ini difungsikan sebagai kegiatan yang bersifat rekreatif dan atraktif.

Diversifikasi atraksi yang prospektif untuk dilakukan selain air terjun berupa atraksi pemandian, kolam renang alami ,pemancingan alam, arung jeram dan perkemahan. Dengan diversifikasi atraksi maka kegiatan yang dapat dilakukan berupa berenang, mandi, menyaksikan pemandangan alam,bermain, berkemah dan menyaksikan pemandangan hutan, melatih ketangkasan, menyalurkan hobby bagi para pemancing.

° Wisata Belanja.

Yang dimaksud dengan wisata belanja adalah wisata kuliner, dimana pengunjang dengan tujuan berwisata dapat sambil belanja. Atraksi yang dapat dinikmati berupa belanja hasil pertanian dan makanan-makanan khas yang dikelola dari hasil pertanian untuk itu perlu adanya penataan kawasan Wisata Belanja. penempatan kawasan wisata belanja akan di rencanakan berada di sepanjang jalan raya antara Dusun Combong sampai Kaliguci.

° Wisata Ekologi.

Wisata ekologi terkait dengan ekosistem yang dapat diadopsi sebagai sesuai yang dapat dinikmati dalam berwisata. Di Desa Tajur dalam hal ini adalah Zona Agrowisata Durian ( wilayah sebelah barat Desa Tajur). Kebun/ladang durian dengan struktur tanah yang cocok sehingga pengunjung dapat membeli buah tanpa harus memetiknya sitemnya adalah menunggu buah itu jatuh sendiri sehingga rasa buah benar-benar telah sempurna.

Selama ini warga masyarakat tidak sadar bahwa potensi durian bisa dimanfaatkan sebagai sebuah wisata ekologi yang mengutungkan terutama bagi kesejahteraan masyarakat Desa Tajur cocok untuk budidaya durian itu terbukti walaupun tidak terprogram dengan baik jumlah pohon durian yang ada di Desa Tajur mencapai angka di atas 2.000 pohon tapi duriannya adalah durian kelas lokal pohonya tinggi-tinggi tapi walaupun kelas lokal dalam hal buah karena struktur tanah dan suhu yang cocok satu pohonya bisa berbuah mencapai 500 buah, itu merupakan potensi yang belum di optimalkan.